Steadicam Sebagai Peredam Getaran Merekam Video


Banyak ragam steadycam di dunia ini. Dari mulai yang murah meriah buatan sendiri dari pipa pralon (PVC) hingga yang pabrikan yang canggih dan mahal. Apa yang Anda ketahui tentang alat ini?

Ya, steadycam adalah alat untuk menstabilkan perekaman gambar. Saya yakin Anda pernah menyaksikan tayangan hasil rekaman bencana tsunami beberapa waktu silam oleh seorang amatir. Bagaimana hasilnya? Menyaksikan tayangan itu serasa pening kepala? Atau setidaknya mata Anda tidak nyaman dengan gambar yang bergoyang-goyang. Intinya, tidak asyik dinikmati bukan?


Prinsip kerja alat ini adalah meredam goyangan saat pengambilan gambar. Seperti halnya fungsi shockbreaker pada kendaraan kita. Karena kamera ini sangat sensitif terhadap getaran dan goyangan, maka untuk menghasilkan video yang bagus, kita harus ekstra tenang saat proses syutingnya. Padahal suatu saat kita butuh pengambilan gambar secara mobile.

Misalnya, ketika kita mengikuti obyek yang bergerak, bisa dipastikan hasilnya tidak enak dinikmati karena kamera goyang. Anda bisa mencoba, merekam tidak usah sambil berlari, cukup berjalan menyusuri obyek. Hasilnya pasti "naik turun" mengikuti gerak tubuh Anda, bukan? Beda dengan hasil rekaman seorang kameraman profesional, yang "mengalir mulus" menyusuri obyek. Nyaman mata ini memandangnya.

Berikut video yang telah dijabarkan oleh Mr.Zack bagaimana cara membuat steadicam rumahan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »